Rabu, 11 Desember 2013

BAHAN LENSA KACAMATA


Bahan Lensa Kacamata dapat berupa:
  1. Kaca
  2. Plastik
  3. Polykarbonat
1. KACA
Bertahun – tahun, kaca dianggap sebagai bahan lensa kacamata pilihan terbaik. Dengan homogenitas optik yang paling tepat dan konstan, kaca dianggap bahan yg paling tepat dan alami. Tetapi karena kaca tidak tahan terhadap benturan, memiliki berat jenis yang besar, dan susah untuk diwarna, mengakibatkan orang beralih ke lensa plastik.
2. PLASTIK
Merupakan pilihan bahan lensa nomor sastu di pasaran optik masa kini. Lensa plastik memiliki transmisi optik yg baik, ringan, mudah diwarna, serta tahan bentur mengakibatkan bahan ini menjadi pilihan terbaik di dunia optikal. Dengan pemberian lapisan tahan  gores pada lensa plastik menjadikan lensa ini menutupi kelemahan dari  lensa plastik.Lensa Plastik yang biasa, memiliki Indeks Bias 1,498. High Indeks lensa ini mulai dari 1,54…, hingga sekarang yg baru ini dapat ditingkatkan menjadi 1,74. Entah nanti dengan perkembangan jaman dan teknologi yang akan datang dapat diciptakan dengan indeks bias yang lebih tinggi lagi, sehingga dengan kelengkungan D1_D2 yang sama dapat menghasilkan power dioptri yang tinggi. Sehingga dapat lebih tipis, dan cantik. Hi Indeks mempunyai 4 tingkat terpisah:
  1. Mid Indeks 1,54-1,58 ( 25% lbh tipis dr bahan stdr lensa)
  2. Hi Indeks 1,6                  ( 30% lbh tipis dr bahan stdr lensa)
  3. Super Indeks                 ( 40% lbh tipis dr bahan stdr lensa)
  4. Hyper Indeks                 (50% lbh tipis dr bahan stdr lensa)

3. Polykarbonat
Lensa yang paling tahan bentur dan paling ringan dari semua bahan yang digunakan saat ini, sehingga menjadi pilihan terbaik untuk jenis kacamata boor (rim less).  Tetapi tidak semua lensa polykarbonat dapat diwarna gelap seperti pada lensa plastik. Juga lensa ini memiliki nilai Abbe yg rendah, yg dpt memberikan aberasi pada plus dan minus tinggi. Tetapi proses fitting  yg tepat (4-5mm di bawahpupil) DAN desain asperis dapat mengurangi aberasi jenis lensa ini.
Saran penulis:  Baik itu bahan kaca, plastik dan polykarbonat, harus ditingkatakan mutunya dengan penambahan lapisan anti refleksi. dan wajib penambahan anti UV untuk iklim Indonesia yg tropis. sehingga dapat mengurangi angka penderita katarak yg disebabkan lamanya kontak dengan sinar UV.
oh iya…., bahan kaca putih tidak memiliki anti radiasi UV..,tetapi dapat diatasi dengan lensa plastik / polycarbonates…atau kaca fotokromik, sehingga dpt dipakai untuk mencegah progresivitas pertumbuhan katarak … okeeee…..
Tags:
 
 
penanggung jawab di optik mustika, jl. agilkusumodyo 39 blora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar